Posted by: dadangeska | December 17, 2008

dibohongin dari kecil

Kok bisa ?

soalnya dari kecil kita telah dinyanyikan lagu-lagu yg mengandung banyak kesalahan

Mari kita buktikan :

  1. Balonku ada 5… rupa-rupa warnanya… merah, kuning, kelabu.. merah muda dan biru… meletus balon hijau, dorrrr!!!”
    Perhatikan warna-warna kelima balon tsb, kenapa tiba2 muncul warna hijau?
    Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5 !
  2. “Aku seorang kapiten… mempunyai pedang panjang…kalo berjalan prok..prok.. prok… aku seorang kapiten!”
    Perhatikan di bait pertama dia cerita tentang pedangnya, tapi di bait kedua dia cerita tentang sepatunya (inkonsistensi)
    Harusnya dia tetap konsisten, misal jika ingin cerita tentang sepatunya seharusnya dia bernyanyi : “mempunyai sepatu baja (bukan pedang panjang)..
    kalo berjalan prok..prok.. prok..”
    nah, itu baru klop! jika ingin cerita tentang pedangnya, harusnya dia bernyanyi : “mempunyai pedang panjang… kalo berjalan ndul..gondal. ..gandul.. atau srek.. srek.. srek..” itu baru sesuai dgn kondisi pedang panjangnya!
  3. “Bangun tidur ku terus mandi.. tidak lupa menggosok gigi..
    habis mandi ku tolong ibu.. membersihkan tempat tidurku..” Perhatikan setelah habis mandi langsung membersihkan tempat tidur.
    Lagu ini membuat anak-anak tidak bisa terprogram secara baik dalam menyelesaikan tugasnya dan selalu terburu-buru.
    Sehabis mandi seharusnya si anak pakai baju dulu dan tidak langsung membersihkan tempat tidur dalam kondisi basah dan telanjang!
  4. “Naik-naik ke puncak gunung..
    tinggi.. tinggi sekali..kiri kanan kulihat saja.. banyak pohon cemara.. 2X”
    Lagu ini dapat membuat anak kecil kehilangan konsentrasi, semangat dan motivasi!
    Pada awal lagu terkesan semangat akan mendaki gunung yang tinggi tetapi kemudian ternyata setelah melihat jalanan yg tajam mendaki lalu jadi bingung dan gak tau mau berbuat apa, bisanya cuma noleh ke kiri ke kanan aja, gak maju2!
  5. “Naik kereta api tut..tut…tut. . siapa hendak turut ke Bandung .. Surabaya..bolehlah naik dengan naik percuma..ayo kawanku lekas naik.. keretaku tak berhenti lama”
    Nah, yg begini ini yg parah! mengajarkan anak-anak kalo sudah dewasa maunya gratis melulu.
    Pantesan PJKA rugi terus! terutama jalur Jakarta-Malang danJakarta-Surabaya !
  6. “Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul2 sepanjanghari dg tak jemu2..mengangguk2 sambil bernyanyi tri li li…li..li. . li..li..”
    Ini juga menyesatkan dan tidak mengajarkan kepada anak2 akan realita yg sebenarnya. Burung kutilang itu kalo nyanyi bunyinya cuit..cuit.. cuit !
    kalo tri li li li li itu bunyi kalo yang nyanyi orang (catatan: acara lagu anak2 dgn presenter agnes monica waktu dia masih kecil adalah Tra la la trili li!), bukan burung!
  7. “Pok ame ame.. belalang kupu2.. siang makan nasi, kalo malam minum susu..”
    Ini jelas lagu dewasa dan tidak konsumsi anak2! karena yg disebutkan di atas itu adalah kegiatan orang dewasa, bukan anak kecil. Kalo anak kecil, karena belom boleh maem nasi, jadi gak pagi gak malem ya minum susu!
  8. “Nina bobo nina bobo oh nina bobo… kalau tidak bobo digigit nyamuk”
    menurut psikolog: jadi sekian tahun anak2 indonesia diajak tidur dgn lagu yg penuh nada mengancam
  9. “Bintang kecil dilangit yg biru…” (Bintang khan adanya malem, lah kalo malem mang warna langitnya biru?)
  10. “Ibu kita Kartini…harum namanya” (Namanya Kartini atau Harum?)
  11. “Pada hari minggu..naik delman istimewa kududuk di muka”
    (Nah, gak sopan khan..masa duduk di muka??)
  12. “Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam, menanam jagung dikebun kita…”
    (kalo mau nanam jagung, ngapain dalam-dalam emang mo bikin sumur?

nb: buat refreshing aja


Responses

  1. lebih baik mas,daripada sekarang lagu anak2 ajh dah jarang.. adanya lagu cinta2.. pilih mana?
    kasian anakq ntar😀
    …:D iya semakin lama lagu2 indonesia makin ga mutu, cuman cinta2 aja…maju terus music hardcore…

  2. Ha..ha..ha..ha…. osi ae sam siji iki, tapi sebagian besar bener tuh….tapi gimana lagi, udah mendarah daging loh…
    …nah tu dia…semoga tidak ke anak cucu kita pembohongan2 kecil ini…jangan biasakan pembohongan ini terjadi terus menerus…

  3. Itu sih tergantung kedua orang tuanya aja…
    Apa mereka sendiri pernah mengajari anaknya tentang kejujuran…??

    Inget “Kelapa jatuh ga jauh dengan pohonnya”.
    Tabiat anak itu pasti turunan dari kedua orang tuanya…

    Maaf bukan menggurui..
    …salut pak, cuman pemberitahuan aja biar ndak terlalu berlarut-larut…he..he..he..

  4. Walah saya pikir apa pak? Ini kan dagelan lama.

    Itu ada beberapa yang salah tulis. Kayak balonku ada lima itu bukan kayak gitu. Tapi Balonku Ada lima, rupa-rupa warnanya. Hijau, Kuning, Kelabu, Merah Muda dan Biru. Jadi Meleteus Balon Hijau Dor… Nah bener kan balonnya Hijau.

    Bintang kecil bukan di langit yang biru tapi dilangit yang tinggi.
    sepakat dengan pak Galih,

    pernah juga saya tulis disini http://agusw.penamedia.com/2008/10/23/lirik-lagu-dan-sikap-anak/
    …oke pak thanks atas koreksinya…

  5. Very nice to refresh my brain. Thank you very much.
    …okey keep on smile, spirit n surfing…

  6. kadang emang menyampaikan kebenaran tu susah coz emang dari dulu tu kita dah terbiasa dan terdoktrin bahwa pa yang selalu dari orang tua tu slalu benar. ok it’s a good analisa to open my brain.smoga sukses mas wawan.
    …thanks for your attention…hehehe…good luck

  7. wah kreatif juga tuh
    tapimlumayan juga lo
    lagu anak2 banyak disukai
    sekarang?
    mana ada lagu anak2 yang pupuler?
    munculnya lagi cari jodoh tuh
    anak2 yag masih tk udah menyukai
    cepetn hafal lagi
    ok
    tapi aku suka banget
    u ngajarin kritis
    …thanks atas masukannya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: