Posted by: dadangeska | October 16, 2009

Teknik Relaksasi Untuk Mengatasi Stres

59515_yoga_300_225

Para ahli sepakat bahwa stres akan selalu diawali dengan permasalahan yang muncul keluar dalam kehidupan kita dari waktu ke waktu.

Masalah kecil yang mudah untuk menangani, tetapi ketika mereka mulai di atas tiang pancang yang mengatakan bahwa menjadi stres. Dalam kebenaran, stres mengambil akar dalam pikiran kita dan dapat menjadi masalah ketika kita biarkan kontrol kami cara berpikir.

Sangat penting bagi seorang individu untuk bersantai saat gripped oleh stres. Ada banyak metode relaksasi yang dapat anda gunakan untuk mencapai sebuah negara menenangkan pikiran.

Meditasi merupakan cara untuk memfokuskan pikiran pada mata pelajaran yang lebih produktif daripada wallowing dalam masalah yang hasil akhirnya akan ke diri-kasihan dan depresi.

Praktek meditasi sehari-hari akan membantu orang mengembangkan metode cari menjadi masalah di negara mengelopak – yang mengatakan bahwa emosi anda tidak akan mempengaruhi keputusan Anda dan Anda dapat melanjutkan untuk pemasangan tanpa khawatir membuat kesalahan.

Breathing latihan juga sangat berguna jika anda ingin pikiran untuk mencapai sebuah negara santai. Benar dirambah dan distribusi oksigen di seluruh tubuh anda dapat membantu menjaga pikiran kita jelas dan terfokus. Latihan bernafas juga berfungsi sebagai prolog untuk meditasi.

Apakah Relaksasi?

Relaksasi adalah satu bentuk aktivitas yang boleh membantu mengatasi stres. Teknik relaksasi ini melibatkan pergerakan anggota badan secara mudah dan boleh dilakukan di mana-mana saja.

Teknik ini boleh dilakukan dalam dua cara sama ada berbaring ataupun duduk di kursi. Bagi anda yang tidak mempunyai waktu luang, anda boleh melakukannya di kerjaan dalam keadaan duduk di kursi. Teknik relaksasi ini hanya mengambil waktu 20 menit saja.

Persediaan untuk melakukan teknik relaksasi ini

1. Pastikan anda dalam keadaan tenang dan santai (rileks).
2. Pilih waktu dan tempat yang sesuai. (duduk di kursi jika anda di kerjaan atau di rumah).
3. Bagi yang beragama Islam, anda boleh melakukan teknik relaksasi ini sambil membaca doa, berzikir atau sholawat ke atas junjungan besar Nabi Muhammad S.A.W.

Langkah-langkah melakukan teknik relaksasi

Permulaan

* Luruskan kedua-dua belah kaki. Rapatkan tangan di sisi badan. Tutup mata dan kosongkan fikiran selama kira-kira 2 menit. Sambil itu, anda boleh berdoa dalam hati seperti “Ya Allah, tenangkan aku”

Dahi

* Kerutkan dahi dengan mengangkat kedua-dua kening ke atas. Rasakan ketegangan pada otot dahi. Sambil itu, baca “Ya Allah, tenangkanlah aku”. Lakukan dalam arah bertentangan dengan mengerutkan dahi dan kening mengarah ke bawah.

Mata

* Tutup mata. Baca “Ya Allah, tenangkanlah aku”. Rasakan ketegangan sekitar otot mata. Buka mata dan rasakan kelegaannya.

Rahang

* Tekan rahang dengan kemas dan ketap gigi serapatnya. Niatkan “Ya Allah, tenangkanlah aku”. Rasakan ketegangannya. Perlahan-lahan buka ketapan gigi dan rahang.

Bibir

* Ketap bibir dengan rapat. Baca “Ya Allah, tenangkanlah aku”. Perlahan-lahan lepaskan dan rasakan ketegangannya.

Kepala

* Dongakkan kepala ke atas sehingga rasa ketegangan pada otot leher. Baca doa “Ya Allah, tenangkanlah aku”. Tegakkan kembali kepala dan rasakan kelegaan pada otot leher.
* Dongakkan kepada ke bawah dan rasakan ketegangan pada otot belakang leher. Baca doa “Ya Allah, tenangkanlah aku”. Perlahan-lahan otot belakang leher.
* Lentukkan kepala perlahan-lahan ke kanan. Tahan sebentar dan rasakan ketegangan pada otot leher. Sambil itu, berdoalah ‘Ya Allah, tenangkanlah aku’.

Tegakkan kembali kepala dan anda dapat rasakan kelegaan pada otot leher tadi.

Dalam Relaksasi dapat ditambahkan dengan melakukan Visualisasi. Visualisasi adalah suatu cara untuk melepaskan gangguan dalam pikiran dengan cara membayangkan gangguan itu sebagai sesuatu benda, dan kemudian kita melepaskannya.

Contoh:

* Orang yang menderita sakit kepala, dapat membayangkan atau menganggap sakit kepala itu sebagai batu. Dalam pikirannya batu itu kemudian dimasukkan ke dalam kantung plastik lalu dibuang dari kepalanya.
* Pada saat anda menghembuskan napas, bayangkan & rasakan energi negatif, kekesalan, kebencian, atau apapun yang menjadikan diri anda stres terbuang dengan hembusan napas tersebut. Dan pada saat anda menghirup napas, bayangkan dan rasakan energi positif masuk ke dalam tubuh anda membersihkan semua yang ada di dalam tubuh anda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: